hijamah


Bekam (hijamah / حجامة) merupakan salah satu teknik pengobatan lawas, yang telah dicontohkan oleh Rasululloh SAW, untuk mengeluarkan darah kotor, dengan tujuan mengurangi beban penyakit di dalam tubuh.
Meskipun teknik ini sudah populer sejak jaman dahulu kala, namun tidak semua orang tau, atau setuju dengan pengobatan melalui bekam. Kalo menurutku hal tersebut dikarenakan:
  • tidak tau apa itu bekam
  • salah pengertian, salah info, salah persepsi, salah pengalaman
  • takut sakit
  • ada kepentingan dengan teknik pengobatan lain
  • etc
Sedangkan di dalam bekam itu sendiri terdapat aturan yang ketat, siapa dan kondisi bagaimana bekam tersebut layak dan boleh dilakukan. Peralatan dan tata cara yang bagaimana sehingga bekam dapat membantu penyembuhan, bukan malah menambah penyakit.
Hari Sabtu kemarin aku mencoba bekam. Meskipun sudah lama tau mengenai ini, namun baru kemarin aku kesampaian untuk mencicipinya.
Kebetulan prosesnya dilakukan sendiri oleh teman, yang dulunya pernah sekamar dan sebantal sewaktu masih kuliah, sehingga bisa memberikan ancaman 'kalo sakit tak tendang kau' >:)
Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, dan terasa efek positif setelahnya (malam hari dan besoknya).
Khusus untuk pacarnya Rita yang sakit jarumphobia, bekam bisa menjadi terapi yang ampuh, karena bakalan terbiasa ditusuk jarum berkali-kali ;))
Berikut ini saat dilakukan pengekopan dari punggung:

Meskipun aku ganteng, tapi malu terlihat gak pake baju.
Jika anda adalah tipe orang yang tidak takut melihat darah, silakan lihat gambar lengkapnya di sini. You have been warned ;;)
Lebih banyak tentang ini: Bekam (Al Hijamah)

Komentar